Dasar-dasar Menulis Berita, Bukan Hanya Cepat, Tapi Harus Akurat

Dasar-dasar Menulis Berita, Bukan Hanya Cepat, Tapi Harus Akurat, Struktur Berita, 5W+1H
Dasar-dasar Menulis Berita, Bukan Hanya Cepat, Tapi Harus Akurat
Oleh: KyndaerimEditor: Redaksi

Menulis berita di zaman teknologi ini begitu mudah. Namun, berita yang ditulis haruslah sesuai dengan fakta dan akurat, bukan masalah siapa cepat yang mendapatkan berita tersebut. Kemajuan teknologi juga semakin memudahkan kita mendapatkan berbagai macam berita hanya melalui media online.

Sebelum menulis berita, kita perlu menggali informasi dari berbagai pihak. Guna menghasilkan berita yang baik dan layak dikonsumsi publik, ada dasar-dasar kepenulisan berita yang harus diketahui, jadi berita yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kebenarannya.

Dasar-dasar Menulis Berita, Bukan Hanya Cepat, Tapi Harus Akurat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita merupakan keterangan tentang suatu peristiwa atau pernyataan seseorang, yang perlu diketahui agar terwujud filsafat hidup.

Terdapat langkah-langkah menulis berita yang tepat dan baik. Menulis berita harus sesuai dengan 5W+1H agar terstruktur dan dipahami, yakni:

- What: Peristiwa apa yang sedang terjadi?

- Who: Kapan peristiwa ini terjadi?

- Where: Di mana peristiwa ini terjadi?

- When: Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa ini?

- Why: Kenapa peristiwa ini bisa terjadi?

- How: Bagaimana kronologis peristiwa ini terjadi?

Sementara itu, berikut ini adalah dasar-dasar menulis berita, antara lain:

1. Headline (Judul Berita)

Judul merupakan kunci yang dapat mewakili isi berita secara keseluruhan. Dalam judul yang singkat harus terdapat isi dari berita tersebut. Judul juga harus dibuat semenarik mungkin, supaya pembaca tertarik untuk membacanya.

2. Lead (Teras)

Disebutkan bahwa judul memuat inti dari sebuah berita, maka teras berita merupakan rangkuman inti dari berita secara menyeluruh. Teras berita bisa dibilang sebagai perluasan judul, menggambarkan sedikit isi berita yang di dalamnya menjelaskan apa (what), siapa (who), kapan (when) dan di mana (where).

3. Body (Isi Berita)

Setelah tadi terdapat judul dan teras berita, yang terakhir ada isi berita, di mana di dalamnya terdapat berbagai data, fakta mau pun kutipan-kutipan yang berhasil didapatkan. Kembali lagi, bahwa semua itu harus didapatkan dari sumber yang terpercaya. Dalam isi berita, singkatnya berisi mengenai unsur kenapa (why) dan bagaimana.(how).

Setelah mengetahui struktur dalam sebuah berita, kamu dapat memulai menulis berita. Kamu juga dapat berlatih terlebih dahulu dengan menulis essay. Dalam essay, kamu dapat beragumentasi mengenai berbagai macam topik yang menarik perhatianmu.

Semoga artikel dasar-dasar menulis berita ini dapat membantu kamu ya. Silakan bagikan ke sosial mediamu.

0 Komentar